Ternak Ikan Lele Menggunakan Bak Fiberglass Yang Menguntungkan

Sabtu, 05 Agustus 2017

Ternak Ikan Lele Menggunakan Bak Fiberglass Yang Menguntungkan

Lele termasuk ikan yang mudah dirawat, nama latin ikan lele berdasarkan wikipedia yaitu Clarias batrachus jadi ternak ikan lele ini adalah peluang usaha yang menjanjikan. Bahkan dengan kolam terpal pun, lele bisa berkembang biak dengan cepat. Bisnis lele tetap potensial selama permintaan tetap ada. Kita tahu orang Indonesia suka sekali konsumsi lele. Tidak sulit menemukan warteg yang menyajikan menu berupa pecel lele. Karena permintaan yang besar tersebut, ternak lele bisa menjadi alternatif usaha untuk meningkatkan pundi-pundi rupiah.

Kolam fiber adalah pilihan yang tepat untuk ternak ikan lele karena punya banyak kelebihan. Pertama mengenai ukuran, bak fiber diproduksi pada skala besar dalam ukuran yang beragam. Anda dapat mengawali usaha dengan memakai bak kecil.

Tips Ternak Ikan Lele Dengan Kolam Fiberglass

Dengan menggunakan kolam fiber anda bisa menampung bibit lele yang lebih banyak. Dalam satu kolam dengan ukuran standar dapat menampung 50 kg bibit ikan lele. Jika anda mempunyai kolam dengan ukuran yang lebih tinggi. Anda bisa menampung bibit ikan lele yang lebih banyak. Budidaya ikan lele memang sangat mudah. Hanya dalam waktu 2 bulan saja, bibit lele anda dapat berkembang 2 kali lipat. Oleh karena itu bisnis lele sangatlah menguntungkan. Perawatannya pun sangat mudah. Jadi dengan menggunakan kolam ini, anda akan lebih menghemat biaya pengeluaran. Tetapi mendapat pemasukan yang lebih banyak.

Kolam fiber mendukung pertumbuhan lele

Lele merupakan ikan yang cepat pertumbuhannya, sehingga ternak ikan lele dapat dirasakan hasilnya dalam waktu beberapa bulan.
  • Biaya yang dibutuhkan juga tidak terlalu besar, bahkan tidak sampai belasan juta.
  • Sebagiannya diperlukan untuk membeli media pemeliharaan, seperti kolam fiber.
  • Kolam fiber harganya lumayan mahal, namunkeuntungannya lebih awet daripada media seperti terpal.
  • Anda hanya membelinya sekali dan dapat digunakan bertahun-tahun lamanya.
Kelebihan dari kolam fiber untuk lele adalah sanga awet meski diletakkan dibawah paparan sinar matahari langsung. Untuk budidaya di luar ruangan, jangan takut bak cepat rusak. Pertumbuhan ikan lele tidak mengalami masalah asal faktor seperti kualitas pakan dan aerasi diperhatikan dengan baik. Pembudidaya sering memanfaatkan jenis pakan buatan karena kandungan nilai gizinya yang tinggi. Pakan buatan mudah didapatkan di toko peternakan. Supaya harganya bisa lebih murah, solusinya adalah membeli dalam jumlah besar. Tapi jika ini untuk usaha kecil-kecilan / pemula, tidak usah menyetok pakan terlebih dahulu. Beli seperlunya saja.

Cara Pemijahan lkan Lele Dengan bak Fiberglass

Kolam fiber ditempatkan di atas tanah yang ketinggiannya dapat diatur. Luas yang dibutuhkan tidak banyak. Sekitar  satu atau dua are sudah cukup untuk memulai budidaya. Lalu, bagaimana sebenarnya teknis budidaya lele? Ada dua alternatif. Yang pertama adalah memijah sendiri. Cara ini menyita waktu, namun bila anda ingin tahu pemijahan ikan lele, tak ada salahnya mencoba. Ikan lele dapat bertelur pada kakaban seperti spesies ikan lain. Ikan memijah pada larut malam sampai pagi hari. Jika sudah selesai, indukan segera diangkat agar tidak memakan telur yang dikeluarkan. Kalau tidak ingin repot, coba alternatif kedua yaitu dengan membesarkan benih ikan lele. Ini lebih praktis dan efisien. Biaya membelinya tidak besar karena harga dari bibit murah, cuma ratusan rupiah setiap ekornya.

Untuk Anda yang ingin memesan bak fiber tau kolam fiber untuk media ternak ikan lele hsegera hubungi marketing Bengkel Fiberglass Indonesia dengan no Telepon:082321758582 CALL/WA selain itu juga bisa mengisi form di halaman contact us.
pesan via WhatsApp

Tidak ada komentar:

Posting Komentar