Kolam Fiber Bulat Murah Untuk Budidaya Ikan Lele

Jumat, 28 Juli 2017

Kolam Fiber Bulat Murah Untuk Budidaya Ikan Lele

 Budidaya ikan bisa menjadi hobi yang menguntungkan. Dari sekedar hobi anda bisa menjadikan bisnis yang sangat menjanjikan buat anda. Ada banyak sekali jenis ikan yang bisa dibudidayakan. Entah ikan hias maupun ikan untuk dikonsumsi. Untuk memulainya anda tak perlu kolam yang terlalu besar atau lahan yang luas. Anda bisa menggunakan kolam fiber. Kolam fiber mempunyai ukuran yang bervariasi. Dari ukuran kecil sampai ukuran besar. Lebih fleksibel, bisa diletakan dimana saja dan tidak begitu memakan tempat. Selain itu harga kolam fiber juga cukup terjangkau dan menghemat biaya perawatan. Model kolam fiber sangatlah bervariasi. Berikut ini model kolam fiber bulat yang sering digunakan untuk membuat kolam.
 
Dalam budidaya lele, baik sangkuriang maupun jenis lele lain, ada beberapa jenis kolam yang lumrah digunakan. baik kolam terpal, tanah, beton, dan lain sebagainya. nah dari segi bentuk, kolam yang populer adalah kolam fiber bulat/bundar dan kolam persegi. 
 

Kelebihan Dan Kelemahan Kolam Fiber Bulat

Keunggulan kolam fiber bulat dibandingkan terpal dan beton, lebih mudah, murah, ringan, dan tahan lama. Berikut ini adalah kelebihan dan kelemahan lengkap dari bentuk kolam fiber bulat tersebut.

Kelebihan kolam Bundar/Bulat

  • Lebih bagus untuk penerapan tebar padat tinggi, karena apabila ditambah aerasi maka difusi oksigen lebih merata. Dalam teknik yang menggunakan Bioflok yang perlu pengadukan dapat lebih rata.
  • Apabila dasar kolam dibuat kerucut, kotoran ikan pun akan langsung terpusat di central drain, sehingga manajemen kualitas air pun lebih baik. Atau ketika menguras ikan, sortir ukuran kecil juga lebih mudah dengan lewat central drain.
  • Tren baru, sehingga penerapannya terkesan "sophisticated".

Kekurangan kolam Bundar/Bulat

  • Untuk luas lahan yang sama, volume air kolam bundar lebih sedikit dibanding kolam kotak.. Contohnya area 3x3 m, apabila tinggi sama2 1 m maka kolam bundar hanya menampung air 7 m kubik, itu lebih sedikit jika dibanding dengan kolam kotak daya  tampung 9 m kubik.
  • Itu baru satu kolam. Kalau aplikasi banyak kolam, maka kerugian dalam pemanfaatan lahan lebih besar. Maka untuk tebar padat rendah, lebih menguntungkan kolam kotak
  • Harga kolam bundar fiber lebih mahal dibanding kolam kotak dari terpal. Contohnya kolam bundar diameter 1 m (volume air 0,7 m kubik, harganya sekitar 150-200 rb.. Jauh lebih mahal dibanding harga terpal kotak untuk volume air yang sama).
  • Selain harga kolam terpalnya yg lebih mahal, dibutuhkan minimal rangka besi wiremesh 5 mm yg tidak semua daerah ada.. kalaupun ada, tidak semua bisa beli ecer, harus 1 roll yg harganya bisa 3-4 juta).
  • Pada kolam fiber bulat lebih mahal jika dibanding dengan kolam kotak dengan volume air  yang sama. Apalagi dari bahan fibreglass, jauh lebih mahal lagi.
  • Membangun banyak kolam bundar dari terpal tidak bisa dengan cara dempet seperti pada kolam kotak. Pada kolam bundar beton memang bisa, tapi kebutuhan materialnya sama saja dengan membangun kolam terpisah.
Saat ini anda bisa memesan kolam fiber secara online. Anda tak perlu jauh-jauh mengunjungi tempat pembuatan. Anda tinggal duduk di rumah dan kolam fiber keinginan anda akan langsung diantarkan. Anda bisa memesan kolam fiber di Bengkel Fiberglass Indonesia. Kami membuat banyak sekali jenis dan model kolam fiber dengan berbagai bentuk dan harga. aUntuk anda yang ingin melakukan pemesanan kolam fiber murah caranya mudah. Anda hanya perlu marketing Bengkel Fiberglass Indonesia dengan no Telepon:082321758582 CALL/WA selain itu juga bisa mengisi form di halaman contact us.
pesan via WhatsApp

Tidak ada komentar:

Posting Komentar