Cara Memilih Tangki Panel Untuk Penampungan Air Bersih

Selasa, 20 September 2016

Cara Memilih Tangki Panel Untuk Penampungan Air Bersih

Tangki panel adalah jenis tangki yang sangat diminati hari ini. Tangki panel sangat diminati karena tangki ini sangat mudah untuk dipasang. Tentu saja, selain itu, ada beberapa kelebihan yang membuat tangki panel menjadi lebih bermanfaat apalagi ketika tangki tersebut dipilih dengan benar. Jika anda seseorang yang belum begitu mengenal dunia pertangkian, anda tentu bingung tentang bagaimana cara memilih tangki yang baik. Untuk itu, berikut ini akan saya sebutkan cara memilih tangki panel modular yang baik dan benar sehingga manfaat yang anda dapat dari tangki tersebut lebih maksimal.

tangki panel kapasitas 27m3
Tangki Panel Fiber Sistem Cubical

Penyesuaian Tangki Panel Fiber dengan Cairan yang Ditampung

Ketika kita akan memilih tangki panel ini, kita harus mulai dengan hal yang paling penting, yaitu menyesuaikan tangki dengan cairan yang akan ditampung. Tangki panel biasanya tidak hanya menampung air namun bisa juga berbagai cairan lain juga bisa ditampung misalnya cairan sabun. Misalnya, untuk air, panel fiber memang sudah menjadi keharusan karena panel fiber lebih ringan serta tidak terpengaruh dengan air. Jika anda memilih panel besi, tangki akan cenderung rusak dengan cepat karena korosi yang terjadi antara besi dan air ini.

Ukuran dari tangki juga harus disesuaikan. Ketika anda memilih tangki panel yang besar, anda harus memberikan panel yang kuat pula. Panel yang kuat ini bisa dilihat dari ketebalan panel yang anda pilih. Setelah itu, anda bisa memberikan bantuan penguatan pada bagian dalam tangki dengan memberikan kerangka penyangga. Kerangka penyangga juga sebaiknya terbuat dari material yang tidak mudah rusak ataupun tergerus oleh cairan. Dengan begitu, kerangka tangki dapat menjaga kekuatan dari tembok tangki lebih lama. Sesuaikan dengan cairan yang anda pilih setelah itu, berikan jumlah kerangka yang sekiranya menguatkan tangki panel.

Bahan Dasar Tangki Panel Fiber

Setelah anda menyesuaikan cairan dengan penampung, sekarang, anda perlu memilih bahan dari tangki panel sendiri. Bahan yang disarankan adalah fiberglass tersebut karena fiberglass sangat kuat. Fiberglass ringan, kokoh, dan sangat awet karena tidak bereaksi dengan air. Inilah bagian dari tangki modular yang membuat sangat bermanfaat dan dapat diandalkan. Jika anda memilih bahan lain seperti plastik, anda akan mendapatkan banyak kekurangan. Plastik sangat tidak baik karena plastik dapat bereaksi dengan air yang kemudian akan membuat bagianya rapuh. Setelah itu, plastik juga tidak tahan panas sehingga panas matahari dapat membuat melar tangki yang terbuat dari plastik ini.

Permukaan Tangki Panel Fiberglass

Setelah itu, kita bisa memilih permukaan tangki. Permukaan tangki harus dilihat dengan seksama. Kemudian, setelah melihat, kita juga disarankan untuk meraba tangki panel. Perabaan ditujukan untuk mencari benjolan maupun pori-pori di permukaan tangki yang dapat membuat tangki ini rusak. Permukaan tangki yang muncul dengan benjolan ataupun pori-pori adalah tangki yang buruk karena rapuh serta memberikan kesan yang kurang menyenangkan karena pori-pori ini dapat memberikan kebocoran pada tangki. Kita sebaiknya memilih tangki yang sehat untuk melakukanya.


Itulah beberapa hal yang harus anda perhatikan ketika anda ingin memasang tangki panel. Anda juga harus memberikan proses instalasi yang baik agar hasil dari tangki panel lebih maksimal. Jika anda bingung untuk mencari produk fiberglass, anda juga bisa melakukanya dengan menghubungi marketing Bengkel Fiberglass Indonesia ataupun dengan cara mengisi form yang sudah tersedia di bagian contact us. Anda akan mendapatkan banyak sekali variasi baik dari kualitas maupun ukuran untuk tangki modular panel anda tersebut.
pesan via WhatsApp

Tidak ada komentar:

Posting Komentar