Penuhi Pasokan Kebutuhan Air Menggunakan Tangki Air Fiber

Selasa, 27 September 2016

Penuhi Pasokan Kebutuhan Air Menggunakan Tangki Air Fiber

Air merupakan kebutuhan pokok manusia dalam kehidupan sehari-hari. Selain dibutuhkan oleh manusia, air juga dibutuhkan oleh tumbuhan dan hewan sehingga air dapat dikatakan sebagai sumber kehidupan. Untuk menunjang hidup sehat dan berkualitas maka dibutuhkan air yang bersih dan memenuhi standar kesehatan. Tolok ukur yang paling mudah dilakukan untuk mengetahui kualitas air adalah jernih, tidak berwarna, tidak berbau, dan tidak berasa. Selain itu kandungan air juga harus terbebas dari bakteri merugikan seperti bakteri e-coli. Namun kini ketersediaan sumber air kian terbatas seiring perilaku manusia yang tidak bertanggung jawab. Pembuatan sistem penampungan air dengan menggunakan tangki air fiber merupakan alternatif solusi yang dapat diaplikasikan.

tangki panel kotak
Tangki Kotak Fiber Untuk Menampung Air

Tangki Air Fiber, Bak Penampung Air Dengan Kapasitas yang bervariasi.


Dewasa ini ketersediaan air bersih kian menipis seiring berkurangnya sumber air. Adanya penebangan hutan secara liar, kurangnya daerah resapan air terutama di daerah perkotaan, sampai pencemaran sungai oleh sampah menjadi penyebab sekaligus masalah utama terjadinya krisis air bersih. Dengan adanya masalah tersebut air yang tersedia adalah air tercemar yang tidak layak untuk konsumsi. Untuk mengatasi hal tersebut dapat dilakukan pembangunan sistem penampungan air menggunakan tangki air fiber. Hal ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan pasokan air bagi warga masyarakat.

Penggunaan tangki air fiber sangat cocok digunakan untuk memenuhi kebutuhan air bagi kalangan rumah tangga maupun industry seperti industri perhotelan maupun restoran. Selain memiliki bahan yang dinilai awet dan kuat, tangki air fiber juga tahan terhadap bahan kimia. Selain itu tersedia berbagai macam variasi daya tampung. Mulai dari kapasitas 250 liter hingga 50.000 liter. Pemilihan kapasitas tangki air tersebut disesuaikan dengan kebutuhan tempat daya tampung air.

Tangki Air Fiber Untuk Sistem Penampungan Air Minum

Tangki air fiber untuk membuat sistem penampungan air minum biasanya digunakan tangki air dengan kapasitas yang cukup besar misalkan hingga kapasitas daya tampungnya mencapai 50.000 liter. Kapasitas daya tampung tersebut tentunya disesuaikan dengan kebutuhan air warga setempat. Untuk skala kebutuhan yang cukup besar dapat digunakan tangki air berbentuk persegi karena kapasitasnya cukup besar. Penggunaan tangki air sebagai penampung air dinilai fleksibel karena dapat ditempatkan di atas menara ataupun di atas tanah yang datar. Selain itu bahan fiberglass dinilai tahan, memiliki permukaan dinding yang kuat, ringan, dan tahan bocor.

Sistem kerja penggunaan tangki air fiber untuk penampung air minum tentu dilengkapi dengan pompa air. Pompa air akan bekerja untuk memompa air dari sumber air yang didapatkan dengan pembuatan sumur bor. Air dari sumber air tanah akan naik sampai ke penampungan. Tangki air fiber akan ditempatkan di atas menara dan berfungsi sebagai tempat penampung utama air. Pompa bekerja dengan digerakkan oleh energi yang dapat bersumber dari listrik, genset, maupun tenaga surya. Pada prinsipnya, kebutuhan air warga setempat akan terpenuhi dari distribusi air yang berasal dari tangki penampung air utama tadi.


Tangki Air Fiber Untuk Penampung Air Hujan


Selain digunakan sebagai tempat penampung air yang berasal dari sumur bor, tangki air fiber juga dapat digunakan sebagai penampung air hujan. Cara menyimpan air dapat dilakukan dengan menampung air pada saat musim penghujan. Hal ini terutama dapat dilakukan di daerah yang mengalami krisis air pada saat musim kemarau. Dengan demikian pada saat musim kemarau warga setempat tetap memiliki cadangan persediaan air. Untuk dapat menampung air hujan, cukup buka tutup tangki air fiber, setelah hujan reda dan tangki air telah terisi, tutup kembali tangki tersebut dengan rapat.
pesan via WhatsApp

Tidak ada komentar:

Posting Komentar