Tangki Air Fiber Dalam Sistem Pompa Air Tenaga Surya

Senin, 26 September 2016

Tangki Air Fiber Dalam Sistem Pompa Air Tenaga Surya

Air merupakan kebutuhan pokok bagi manusia. Air selalu menjadi komponen pokok dalam setiap aktivitas manusia. Untuk menunjang kehidupan yang baik maka dibutuhkan air yang berkualitas. Air yang berkualitas akan memberikan jaminan kesehatan bagi orang mengkonsumsinya. Kualitas air yang dinilai aman dan layak untuk dikonsumsi adalah air yang tidak berwarna, tidak berbau, tidak berasa, dan jernih. Selain itu pula tidak mengandung bakteri yang merugikan dan berbahaya bagi kesehatan manusia seperti bakteri e-coli. Namun pada saat ini, cukup sulit untuk menemukan air yang berkualitas, terutama di kota-kota besar. Pencemaran yang telah terjadi dimana-mana membuat sumber air menjadi terkontaminasi. Untuk mengusahakan adanya air yang berkualitas maka dapat diadakan sistem penampungan air menggunakan tangki air fiber.

tangki air fiber dan pompa air
Proses pemasangan tangki air fiber kapasitas 8000 Liter

Tangki Air Fiber Solusi Penampung Air Daerah Rawan Kekeringan

Pencemaran sumber air yang terjadi di kota-kota besar biasanya disebabkan oleh adanya kebiasaan membuang sampah sembarangan oleh masyarakat yang tidak bertanggung jawab. Banyaknya volume sampah di sungai dan minimnya daerah resapan air, menyebabkan berkurangnya sumber air di daerah perkotaan. Hal ini menyebabkan kondisi air di daerah kota yang tercemar. Permasalahan terkait ketersediaan air bersih dan berkualitas ini tidak hanya terjadi di daerah perkotaan saja, namun juga melanda daerah pedesaan. Meskipun demikian, konteks penyebab kelangkaan air yang terjadi di daerah desa jauh berbeda apabila dibandingkan di daerah kota. Tangki air fiber menjadi solusi penampungan persediaan air.

Di daerah terpencil, terjadinya kelangkaan air bersih biasanya disebabkan kondisi geografis wilayah tersebut yang cenderung tersusun atas bebatuan atau cadas sehingga jauh dari sumber air. Sebagai contoh misalnya daerah Gunung Kidul, Yogyakarta dengan kondisi geografis berupa kawasan karst. Kawasan karst tersebut terdiri dari batu kapur sebagai batuan dasar pembentuk tanah, hingga banyak sungai bawah tanah. Dengan demikian warga setempat seringkali kesulitan dalam mendapatkan air bersih sumber air pribadi atau sumber air tanah sulit untuk dibuat. Selain itu lapisan tanah yang tipis membuat air tanah karst rentan untuk tercemar. Kebutuhan pasokan air bersih dapat ditampung dalam tangki air fiber.

Sistem Pompa Air Tenaga Surya dengan Penampung Tangki Air Fiber

Untuk mengatasi kesulitan mendapatkan air bersih di daerah-daerah terpencil yang rawan terkena kekeringan maka dapat dibuat sistem penampungan dengan tangki air fiber menggunakan pompa air bertenaga sinar matahari. Sistem penampungan air dengan pompa bertenaga surya ini merupakan salah satu bentuk inovasi teknologi tepat guna yang dapat dijadikan alternatif solusi pemenuhan pasokan air bagi masyarakat di daerah minim air bersih.

Keunggulan sistem penampungan air dengan tangki air fiber ini adalah tenaga penggerak yang berasal dari tenaga surya. Tenaga surya merupakan sumber energi yang tersedia secara bebas di alam. Sumber energi yang tidak akan habis ini dapat diperoleh secara percuma, bahkan didaerah tropis pancaran sinar matahari akan selalu diperoleh sepanjang tahun di berbagai tempat. Dengan demikian biaya yang dibutuhkan untuk membangun teknologi tepat guna ini dapat diminimalisir. Selain itu, tenaga surya dapat menjadi solusi bagi daerah yang tidak terjangkau oleh tenaga listrik dari PLN maupun daerah yang memiliki keterbatasan pasokan bahan bakar minyak sebagai tenaga penggerak genset.

Sistem Kerja Pompa Air Tenaga Surya dengan Tangki Air Fiber


Pompa air tenaga surya ini bekerja dengan pasokan energi yang berasal dari panel surya. Energi yang didapatkan dari panel surya akan menggerakkan pompa untuk memompa air menuju tangki air fiber yang berada ditempatkan di atas menara besi dengan ketinggian dan jarak tertentu yang telah diperhitungkan. Pompa air ini akan bekerja kurang lebih selama 8 jam sehari, tergantung intensitas cahaya matahari yang didapatkan. Sejak pagi hari sampai sore hari, pompa akan bekerja dengan kecepatan berdasarkan intensitas cahaya matahari dan secara otomatis akan berhenti pada malam hari bersamaan dengan tenggelamnya matahari. Sumber air yang digunakan berasal dari sumber air tanah yang didapatkan dengan membuat sumur bor. Air yang telah ditampung pada tandon air di atas menara dapat disalurkan melalui pipa-pipa ke tangki air model panel dengan kapasitas yang lebih kecil dan diteruskan menuju rumah penduduk.
pesan via WhatsApp

Tidak ada komentar:

Posting Komentar